Subscribe Us

Header Ads

Pentingnya Belajar Coding Dalam Era Digitalisasi

 


Tidak bisa dipungkiri perkembangan teknologi di era digital sangat membantu mobilitas masyarakat di tengah pandemi COVID-19. Berbagai aktivitas seperti belajar, bekerja, hingga berbisnis pun mulai banyak dilakukan secara online. Menurut laporan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), aktivitas digital mengalami peningkatan hingga 25% selama masa pandemi. Jumlah ini tentu akan terus bertambah apabila pandemi belum berakhir dalam waktu dekat. Seiring dengan berkembangnya teknologi digital membuat animo masyarakat semakin tinggi untuk berkarir di bidang IT atau pemrograman. Mereka pun mulai belajar coding yang menjadi syarat dasar untuk menjadi seorang developer.

Manfaat Belajar Coding

Sebelum menyelami dunia pemrograman, kamu harus bisa melakukan coding yang merupakan menerjemahkan persyaratan logika dari pseudocode (diagram alur) ke dalam suatu bahasa pemrograman, baik huruf, angka, atau simbol yang membentuk sebuah program berupa web atau aplikasi. Istilah coding yaitu menerjemahkan ide yang kita miliki menjadi sebuah perintah komputer dan komputer akan melakukan apa yang kita inginkan. Berikut beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan dengan belajar coding.

Mengembangkan Pola Pikir

Dalam belajar coding kamu diharuskan untuk bisa memecahkan masalah dan mencari langkah-langkah logis agar sebuah program dapat bekerja. Hal ini akan mengembangkan pola pikir kamu saat menemukan permasalahan baru. Dengan belajar coding kamu akan mampu melihat sebuah masalah bukan sebagai halangan, melainkan tantangan untuk bisa berkembang.

Meningkatkan Karir

Salah satu yang membuat banyak orang tertarik belajar coding adalah untuk mendapatkan jenjang karir yang lebih baik dan pendapatan yang besar. Dengan belajar coding dan menguasai beberapa bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, JavaScript, dan Ruby, maka peluang untuk berkarir di perusahaan teknologi ternama seperti e-commerce atau startup unicorn akan lebih terbuka.

Pendapatan Besar

Cukup banyak anecdote yang mengatakan, jika ingin memiliki pendapatan besar maka kamu harus berkarir di bidang IT. Dengan belajar coding, siapa pun dan apapun latar belakang kamu, peluang untuk mendapatkan penghasilan yang tinggi akan lebih besar. Bahkan, berdasarkan laporan CIRR (Council on Intergrity in Results Reporting) yang mengaudit sekolah coding di Indonesia, gaji rata-rata seorang developer dalam setahun bisa mencapai Rp 126 jutaan. Selain itu, kamu juga bisa menjadikan keterampilan yang kamu dapatkan dari belajar coding untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan bekerja freelance di perusahaan yang membutuhkan jasa IT.

Melatih Komunikasi

Tidak hanya berdampak pada taraf hidup, belajar coding juga dapat melatih komunikasi untuk bersosialisasi. Pasalnya, keterampilan ini memberikan kesempatan bagi siapa pun untuk berinteraksi satu sama lain baik untuk saling bertukar pikiran atau memberikan solusi seputar pemrograman.

Lebih Percaya Diri

Secara tidak langsung belajar coding akan membuat kamu lebih percaya diri. Hal ini dikarenakan dalam proses belajar membutuhkan ketekunan dan kesabaran. Begitu kamu telah menguasai keterampilan ini, kamu dapat mengembangkan sebuah aplikasi atau situs website yang bisa digunakan oleh banyak orang. Perasaan bisa memberikan kontribusi terhadap kebutuhan masyarakat akan membuat kamu bangga dan bahagia hingga memberikan kesan positif kepada diri sendiri.

Cara Mudah Belajar Coding

Untuk bisa belajar coding secara efektif kamu bisa mengikuti pendidikan non-formal di lembaga pendidikan yang khusus memberikan program pembelajaran seputar pemrograman. Dengan mengikuti program tersebut, kamu akan mendapat materi yang lengkap dan latihan coding untuk mengasah kemampuanmu. Keterampilan dalam bidang pemrograman menjadi salah satu skill yang harus dimiliki di era digitalisasi seperti sekarang ini. Terutama untuk kamu yang ingin mendapat jenjang karir yang lebih baik dan pendapatan yang besar. Jadi pastikan kamu memilih tempat belajar coding yang dapat mewujudkan karirmu di bidang teknologi.

Posting Komentar

0 Komentar