Subscribe Us

Header Ads

Cara Mendapatkan Ranking Pertama di Google

Mendapatkan ranking pertama di mesin penelusur semacam Google sebenarnya adalah penentu yang paling utama bagi kesuksesan bisnis Anda secara online. Anda bisa jadi hanya blogger yang bekerja perseorangan atau Anda mengelola suatu perusahaan, apapun itu, Anda yang memiliki website perlu mencapai target ini demi keberhasilan website Anda.

Ketika Anda berada di halaman utama hasil pencarian mesin penelusur semacam Google, kemungkinan website Anda dikunjungi dan ditinjau menjadi sangat besar. Sebab kemungkinan seseorang mengakses website pada halaman pertama hasil pencarian sangatlah besar.

Orang akan melihat produk dan jasa apa yang Anda tawarkan, atau melihat karya-karya yang telah Anda buat. Mulai dari situ, Anda akan mendapat kesempatan lebih besar lagi untuk dibeli atau disewa produk dan jasanya, atau dibicarakan atau dipromosikan karya-karyanya. Tampak selangkah lagi posisi Anda menuju kesuksesan atau kepopuleran, jika Anda memang mengharapkannya.

Memang hasilnya tak bisa Anda dapat dengan sekejap. Seandainya ada cara-cara aman untuk itu, kami tentu akan memberikannya pada Anda. Namun, dengan panduan lengkap berikut yang akan kami berikan tahap demi tahap, Anda akan dapat langsung memulainya untuk berada di puncak Search Engine Results Page (SERP).

Langkah-langkah Mendapat Ranking Pertama di Google

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda tempuh demi mendapat ranking satu di Google. Anda perlu meninjaunya satu per satu agar tujuan Anda tercapai.

Mengenal Algoritma Penentu Page Rank

Google terus memperbaiki dirinya agar mesin penelusurnya dapat menghasilkan pencarian yang lebih akurat. Menurut sebuah data yang dikemukakan oleh Moz, ada 500-600 pembaruan atau perubahan yang dilakukan oleh Google tiap tahunnya.

Algoritma mesin penelusur inilah yang menentukan apakah website Anda layak direkomendasikan di halaman pertama hasil pencarian Google. Algoritma ini jadi penentu nasib website Anda. Maka Anda perlu mengetahui bagaimana sistem ini bekerja dan apa dampaknya pada website Anda.

Lebih penting lagi, apa yang perlu dilakukan dan dihindari agar website Anda berada di ranking pertama Google? Tidak ada jawaban yang benar-benar rinci atau jelas terkait apa yang musti Anda lakukan terhadap perubahan yang dilakukan Google. Google memang selalu menginformasikan pembaruan apa yang sedang ia lakukan, namun bagaimana rincian cara algoritma baru ini bekerja sedikit misterius bahkan bagi seorang ahli SEO sekalipun.

Adapun pendapat-pendapat ahli yang berusaha memberikan panduan kepada Anda, sebenarnya hanya berupa spekulasi. Jadi, sangatlah masuk akal jika para pakar mengatakan bahwa 40% hambatan mereka datang dari faktor perubahan algoritma.

Tetapi logikanya, jika semua orang tahu pasti bagaimana cara yang pasti dan instan menuju puncak halaman pencarian, Google tentunya akan bisa menentukan website atau halaman mana yang dapat dinyatakan sebagai hasil pencarian paling akurat. Jadi apa yang dapat Anda lakukan? Memantau terus info-info terkait pembaruan algoritma Google.

Tetapi jangan khawatir, langkah-langkah selanjutnya yang kami berikan adalah langkah-langkah yang berdampak bagi kesuksesan website Anda demi mencapai ranking pertama di Google. Hal yang lebih penting lagi adalah langkah-langkah ini 100% aman, Anda tidak akan dikenai penalti karenanya.

Mengevaluasi Page Rank Anda

Untuk mengingkatkan peringkat website Anda di SERP, Anda perlu meninjau terlebih dahulu sudah sejauh mana progress yang ada pada website Anda selama ini. Hal ini juga berlaku bagi website Anda yang baru saja dibangun atau memiliki sedikit jumlah post.

Ada sebuah tool yang dapat membantu Anda meninjau progress website Anda terkait peringkat hasil pencarian yaitu SERPs. Jika Anda hendak menargetkan keyword yang spesifik dalam konten di page Anda, gunakanlah tool ini.

SERPs


Anda tinggal memasukkan kata kunci yang spesifik lalu memasukkan juga domain website Anda, memilih area Anda, kemudian klik Go! Hasilnya akan langsung muncul di layar Anda. Berikut adalah beberapa items yang akan muncul di result page Keyword Rank Checker!

  • Peringkat website Anda pada SERP
  • Halaman pertama di situs Anda yang muncul di pencarian terkait topik
  • Jumlah rata-rata pencarian yang terkait konten Anda
  • Biaya per klik terhadap keyword bila menggunakan Google product yang berbayar yaitu AdWords

Selain menggunakan tools untuk ealuasi peringkat website Anda di SERP, Anda juga perlu memastikan kecepatan loading page Anda. Mengapa? Sebab kecepatan loading page ini telah secara resmi diumumkan Google sebagai salah satu ranking factor.

Jika website Anda lambat menampilkan performa utuh di layar, kesempatan Anda untuk mendapat conversion rate juga akan kandas. Apalagi menurut survey, tak ada orang yang sabar menunggu page yang mereka akes loading dalam waktu lama.

Visitor dari Google tentu tak mau membuang-buang waktu untuk page yang tak memberi solusi atau referensi secara cepat. Mereka akan keluar dari website Anda dan menuju ke website yang disarankan lainnya oleh Google.

Perhatikan, jika hal ini terjadi, seberapapun maksimal usaha SEO, meta description atau title tag Anda website Anda akan terkena penalti Google. Google memberi penalti bagi page yang terlalu banyak ditinggalkan begitu saja oleh pengunjung (kurang dari hitungan detik, pengunjung keluar dari website page Anda).

Inilah mengapa penting sekali untuk menguji terlebih dahulu kecepatan loading page Anda. Ada beberapa tools menarik dan gratis untuk langsung menguji kecepatan loading website Anda. Berikut adalah tools tersebut!

  • Google PageSpeed Insights
  • WebPageTest
  • Pingdom Website Speed Test

Semua tools di atas sangat mudah cara menggunakannya, Anda tinggal memasukkan domain Anda pada tiap kolom yang tersedia dan mendapatkan result page segera.

Jika result page Anda menunjukkan bahwa kecepatan loading Anda buruk, cobalah melakukan tindakan yang lebih jauh. Cobalah untuk memercayakan hosting Anda di server yang cepat dan aman.


Memprioritaskan Organic Traffic

Istilah organic traffic digunakan untuk merujuk pada pengunjung atau web visitor yang berada di situs Anda sebagai hasil dari penelusuran yang tidak dibayar (organik). Lalu lintas organik adalah kebalikan dari lalu lintas yang dibayar. Pengunjung yang dianggap organik adalah yang menemukan situs Anda setelah menggunakan mesin penelusur semacam Google. Pengunjung ini tidak datang berdasarkan rujukan dari situs lain.

Cara termudah untuk meningkatkan traffic organic bagi situs web Anda adalah dengan menerbitkan konten berkualitas pada blog Anda secara teratur dan berkelanjutan.

Bagaimana kriteria konten yang berkualitas?

Pertama, Anda perlu memerhatikan relevansi tulisan Anda dengan topik atau niche yang Anda memang ingin bahas. Hal ini juga berkaitan dengan niche market seperti apa yang ingin Anda sasar. Selain itu, ada pula kaitannya dengan keyword apa yang pas dengan niche market Anda sehingga konten Anda bisa tepat sasaran dan mengundang banyak visitors.

Kedua, penampilan website atau page Anda juga sangat penting. Anda perlu membuat tampilan tulisannya mudah dilihat. Jangan sampai jenis, ukuran dan warna font Anda membuat pembaca terganggu dan keluar dari page Anda begitu saja. Selain itu, desain secara keseluruhan juga penting, buatlah desain interface yang menarik tapi tidak rumit atau terlalu ramai.

Ketiga, konten multimedia perlu ditambah. Bagaimana caranya agar pembaca tetap tertarik membaca konten Anda hingga akhir. Tambahkanlah banyak grafik, gambar, dan mungkin video pada konten Anda. Kebanyakan pembaca akan jenuh ketika membaca teks yang panjang dan membosankan penuturannya (biasanya bahasanya terlalu kaku dan terlalu banyak istilah teknis atau akademisnya).

Memastikan Website Anda Mobile Friendly

Berdasarkan data resmi dari Google, leboh dari 50% jumlah pencarian di Google kini berasal dari mobile device. Pihak Google pun menyatakan secara jelas bahwa website yang tidak mobile friendly dijamin tidak akan berada di peringkat atas SERP.

Lalu bagaimana caranya mengetahui apakah website Anda sudah mobile friendly atau belum? Cobalah Google’s Mobile Friendly Test. Tool ini dapat Anda akses secara online dan gratis. Anda tinggal memasukkan alamat website Anda di dalam kolom pencarian. Setelah itu, Anda dapat langsung melihat hasilnya. Hasilnya akan sangat mudah dimengerti karena hanya berupa jawaban ya atau tidak. Dengan cara ini Anda dapat mengetahui apakah website Anda masih pelu diperbaiki atau telah berjalan smooth.

Google Mobile Friendly Test Result

 

Jika website Anda dinyatakan tidak mobile friendly, kami menyarankan beberapa hal berikut yang dapat membantu Anda memperbaikinya!

  • Anda dapat memperbaikinya segera lewat Mobify, Duda Mobile atau bMobilized
  • Jika website Anda dibangun di CMS platform yang populer, Anda dapat menggunakan mobile plugin seperti Wptouch bagi WordPress. Selain WordPress, ada ThemeKey bagi Drupal atau Responsivizer bagi Joomla.

Coba kembali pastikan apakah website Anda sudah menggunakan Responsive Web Design (RWD). RWD ini dapat membantu Anda untuk memastikan bahwa tampilan website Anda berjalan maksimal atau sempurna di semua jenis device. Tambahkan meta viewport tag pada head di setiap page untuk memberitahu browser kalau page akan menyesuaikan atau bersifat adaptif pada setiap device.

<meta name=”viewport” content=”width=device-width, initial-scale=1.0″>

Melakukan Keyword Research

Melakukan riset menyeluruh terhadap keyword Anda seharusnya menjadi langkah utama sebelum Anda benar-benar membangun konten. Anda perlu mengetahui keyword-keyword apa saja yang dicari dan digunakan sehari-hari oleh niche market Anda.

Agar efektif, Anda dapat menggunakan tool yang berguna dan bahkan gratis seperti Google Keyword Planner.

GKP

 

Melalui Google Keyword Planner ini Anda dapat mengenal lebih dekat siapa audiece atau segmentasi Anda dan bagaimana mengelola keyword Anda terkait niche market Anda itu.

Lebih lanjut mengenai Keyword Research, Anda dapat mengakses artikel kami soal keyword research yang terdahulu. Dalam artikel tersebut, kami memberikan panduan yang sangat lengkap bagi Anda tentang bagaimana melakukan riset keyword yang baik dan benar. Dalam artikel tersebut, kami juga memberikan berbagai tools beserta review lengkapnya agar keyword research Anda terbantu.

Membangun Link dengan Benar

Pada dasarnya ada dua macam link yang dapat Anda bangun di website Anda yaitu internal link dan external link. Cobalah untuk memasukkan kedua link tersebut dengan penempatan yang natural.

Internal link adalah link yang menuju ke halaman dari dalam website Anda sendiri. Sementara external link adalah link yang menuju halaman dari website lain.

Kami menyarankan minimal 3 jumlah internal atau external link yang Anda tautkan ke teks yang ada pada konten Anda. Semakin banyak, semakin baik. Hal ini dapat membantu Google mengetahui bahwa konten Anda komprehensif, sebab terkait internal link, hal ini mengindikasikan kuatnya domain authority Anda.

Anda juga dapat menjadikan target keyword Anda sebagai anchor text tetapi untuk melakukannya secara aman agar terhindar dari penalti Google, cobalah untuk mengombinasikannya dengan generic keyword.

Sebagai contoh, primary keyword Anda adalah “Review DSLR terbaik”, maka buatlah link yang natural seperti kalimat “…ulasan yang bagus untuk DSLR”.

Terakhir, coba tinjau kembali konten-konten atau post Anda yang terdahulu dan buanglah toxic link yang ada.

Toxic link yang dimaksud adalah link-link yang buruk bagi website Anda. Link yang buruk contohnya adalah link yang tidak natural, link yang menipu pengunjung, link yang terkait dengan page tidak relevan atau berkualitas buruk.

Sekali lagi, sangat penting untuk mengetahui tautan mana yang berbahaya bagi situs Anda sehingga Anda dapat menghapusnya. Google Penguin 2.0 membuatnya lebih mudah dengan mengidentifikasi tautan berkualitas rendah menjadi beberapa kategori yang jelas. Berikut adalah kriterianya!

  • Terkait dengan situs PR-n atau PR0
  • Kebanyakan merupakan sitewide links
  • Terkait dengan situs yang memiliki website traffic yang rendah
  • Terkait dengan alamat IP yang sama
  • Terkait dengan halaman website yang memiliki banyak external link

Ada banyak tools gratis untuk membantu Anda mengidentifikasi tautan yang tidak sehat atau sebelumnya kami sebut dengan toxic link. Dua tools yang akan kami sarankan kepada Anda untuk mengelola link Anda adalah Monitor Backlinks dan Linkquidator. Berikut cara memeriksa tautan tidak sehat dengan Linkquidator!

Anda hanya perlu tindakan yang sangat sederhana yaitu memasukkan URL Anda pada kolom yang tersedia lalu klik “Search”. Page result akan segera muncul di layar Anda. Tools ini disediakan gratis.

Bila Anda menemukan tautan berisi spam atau berupa toxic link yang mengarah ke web page Anda, jangan terburu-buru menghapus post itu sendiri. Itu adalah tautan yang harus Anda hapus sehingga algoritma penelusuran tidak memberikan penalti pada Anda. Jadi, bukan post atau kontennya yang dihapus melainkan link-link yang ada perlu dibuang dari konten Anda.


 

Mediatama Web Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dibidang IT yang berlokasi di kota Padang. Mediatama Web Indonesia memiliki software house bisnis yang menangani bidang khusus dalam pengembangan dan pembuatan aplikasi software dan Website. Mediatama Web Indonesia lebih fokus dan menitikberatkan dalam memberikan layanan pembuatan, pengembangan, dan memaksimalkan kinerja software dan website. 

Belum punya website?? Mari bikin website di www.mediatamaweb.co.id

Pemesanan dapat dilakukan dari seluruh Indonesia

Paket kami :
☑ PEMBUATAN WEBSITE & APLIKASI CUSTOM
☑ APLIKASI ANDROID
☑ KURSUS DAN PELATIHAN
☑ DIGITAL MARKETING
☑ ADVERTISING
☑ APLIKASI KASIR  
----------------------------------------------------------

 

 

 

 

 


 


Posting Komentar

0 Komentar